Pantau Kehadiran ASN, Plt Irjen Sidak Kanwil Kemenag Sulut & IAKN Manado

By Abdi Satria


nusakini.com-Manado-Pelaksana Tugas Inspektur Jenderal Kementerian Agama Thomas Penthury melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kanwil Kemenag Sulawesi Utara dan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado.  

"Sidak yang kita lakukan hari ini dalam rangka memantau kehadiran ASN Kemenag, paska libur lebaran," jelas Plt Irjen Kemenag, di Manado, Selasa (11/06).  

Thomas tiba di Kantor Kanwil Kemenag Sulut tepat setelah apel kehadiran ASN usai dilaksanakan. "Sejak kemarin kita lakukan apel pagi. Alhamdulillah sejak kemarin kehadiran ASN hampir seratus persen, hanya satu orang izin tidak masuk karena sakit," ungkap Kakanwil Kemenag Sulut Abdul Rasyid.  

Pada kesempatan tersebut, Plt Irjen juga mengecek pelayanan PTSP Kanwil Kemenag Sulut. "Tadi kita cek, ternyata layanan PTSP pun sudah dibuka sejak kemarin, meskipun baru hari pertama masuk," ujar Plt. Irjen Thomas Penthury. 

Usai dari Kanwil Kemenag Sulut, Plt Irjen pun melanjutkan sidaknya ke Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado. Tampak mendampingi Thomas, Rektor IAKN Manado Jeane Tulung.  

"Sama seperti di Kanwil, di IAKN pun para ASN telah melaksanakan tugas-tugas pelayanan serta akademiknya. Tadi kami juga memantau proses pelaksanaan Seleksi Nasional (Selnas) PTKKN yang saat ini sedang berlangsung," ujar Plt Irjen. 

Menurut Rektor IAKN Jeane, Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri (PTKKN) yang baru pertama kali dilakukan ini merupakan upaya Kemenag untuk memperluas akses pendidikan tinggi keagamaan.  

"Dengan Selnas PTKKN, pendaftar yang berasal dari seluruh Indonesia berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di tujuh PTKKN yang ada di Indonesia. Semoga ini menjadi peluang untuk memperluas akses pendidikan, khususnya pendidikan keagamaan," ujar Jeane. (p/ab)